Langsung ke konten utama

Adab Musyafahah Kepada Guru

(Dokumentasi pribadi: Ustadzah Elly sedang menyampaikan amanat upacara bendera)

"Al Adaabu Fauqol ilmu, adab di atas ilmu".

Mahfudot Arab tersebut menegaskan bahwa posisi adab lebih utama dari ilmu. Orang yang berilmu namun tidak memiliki adab maka tindak tanduknya akan sia-sia belaka. Yang tercermin dari orang tak beradab tidak lain hanya kepongahan, sombong dan melampaui batasan kehendak diri sebagai seorang hamba. 

Orang yang berilmu tanpa adab berarti menjalani kehidupan dengan sengaja mengingkari dan menafikan fakta hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial sudah barang tentu membutuhkan interaksi sosial dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Sehingga dalam prakteknya manusia akan melakukan proses interaksi sosial baik secara verbal, visual, ataupun tindakan. 

Elemen penting dalam interaksi sosial adalah adab. Tanpa adanya adab, proses interaksi sosial di antara sesama manusia itu akan kacau balau. Bahkan tanpa adanya adab, interaksi sosial bisa jadi tidak akan pernah terbangun. Orang yang berilmu tanpa adab, sama halnya menghinakan, menihilkan dan membumihanguskan ilmu sekaligus martabat orang yang bersangkutan.

Salah satu adab yang harus diperhatikan dalam interaksi sosial selaku umat Islam adalah musafahah (bersalaman, berjabat tangan) tatkala bertemu. Baik itu musafahah dengan sesama teman, orangtua ataupun guru kita semua. Bersalaman dengan ketiga unsur tersebut tentu memiliki adab tersendiri. Sangatlah keliru jika kemudian kita menyamakan cara musafahah antara guru atau orangtua dengan sesama teman. 

Kekeliruan dalam bermusyafahah inilah yang selama ini banyak dipraktekkan. Baik itu dalam tradisi personal ataupun budaya yang telah mendarah daging dalam lingkup kelembagaan. Kasus yang sama juga ditemukan di lingkungan yayasan pendidikan Islam Baitul Qur'an Tulungagung. Tak sedikit dari para santri yang membudayakan musyafahah secara keliru. 

Menyikapi budaya yang demikian Ustadzah Elly (sapaan akrab) dalam upacara bendera hari Senin (30/01/2023) menyampaikan amanat dengan tajuk Meluruskan Adab Musyafahah yang Keliru. Bdaya musyafahah yang telah mengakar di lingkungan sekolah sudah sangatlah baik, akan tetapi dalam prakteknya masih dapat dikatakan belum benar. Utamanya tatkala para santri bermusyafahah kepada dewan asatidz.

Musyafahah (salaman, berjabat tangan) yang benar dengan seorang guru hendaknya disesuaikan dengan hukum kemahramahannya. Jika seorang santri bermusyafahah kepada seorang guru laki-laki (ustadz) maka sebaiknya ia melakukan adab sebagai berikut:

1. Menghampiri ke hadapan guru yang bersangkutan. Jarak di antara keduanya kurang lebih 30 cm.

2. Menyodorkan kedua tangan terlebih dahulu.

3. Mengucapkan salam

4. Menundukan kepala disertai membungkukkan punggung 

5. Hidung didekatkan dengan tangan ustadz. Bukan ditempelkan di jidat, di pipi, di rambut ataupun dagu. Posisi itu seperti halnya sedang menghirup keberkahan dari sang guru.

Adapun jika santri bermusyafahah dengan guru yang bukan mahram maka sebaiknya santri mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:  

1. Mendekati guru yang bersangkutan 

2. Menundukkan kepala disertai membungkukkan badan 

3. Kedua tangan santri direkatkan di dada

4. Mengucapkan salam. Jangan sampai kita bermusyafahah kepada guru yang bukan mahram dari jarak yang sanga jauh. 

Mengucapkan salam kepada sesama manusia--utamanya muslim--pada dasarnya adalah saling mendoakan. Mendoakan orang yang disalami semoga senantiasa mendapatkan limpahan Rahmat, lindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Maka tak ayal jika kemudian seseorang yang disalami dan menerima ucapan salam hukumnya wajib menjawab. Bahkan mendoakan kembali. 

Bukankah saling mendoakan dengan maksud menghendaki kebaikan untuk sesama adalah tindakan yang terpuji? 

Tulungagung, 30 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngabdi Ka Lemah Cai

Rumpaka 17 Pupuh Pupuh téh nyaéta wangun puisi lisan tradisional Sunda (atawa, mun di Jawa mah katelah ogé kungaran macapat). anu tangtuna ngagaduhan pola (jumlah engang jeung sora) dina tiap-tiap kalimahna. Nalika balarea tacan pati wanoh kana wangun puisi/sastra modérn, pupuh ilaharna sok dipaké dina ngawangun wawacan atawa dangding, anu luyu jeung watek masing-masing pupuh. Dimana sifat pupuhna osok dijadikeun salah sahiji panggon atanapi sarana pikeun ngawakilan kaayaan, kajadian anu keur dicaritakeun. Teras ku naon disebat rumpaka 17 pupuh?, alasanna di sebat rumpaka 17 pupuh nyaeta kusabab pupuh dibagi jadi sababaraha bagian anu luyu atanapi salaras sareng kaayaan (kajadian) dina kahirupan.   Yang dimaksud ialah Pupuh yaitu berupa puisi/sastra lisan tradisional sunda (atau kalau di Jawa dikenal dengan macapat) yang mempunyai aturan yang pasti (jumlah baris dan vokal/nada) kalimatnya. Ketika belum mengenal bentuk puisi/sastra modern, pupuh biasanya digunakan dalam aktiv

Deskripsi dihari Wisuda

                   Acara wisuda II IAIN Tulungagung, akhirnya telah diselenggarakan pada hari kemarin, yang lebih tepatnya pada hari Sabtu, (05/9) pagi-siang. Tempat tamu yang telah tersedia dan tertata rapi pun akhirnya mulai dipadati oleh para calon wisudawan, wisudawati dan para tamu undangan.           Acara yang telah teragendakan jauh-jauh hari oleh kampus tersebut pun Alhamdulillah berjalan dengan baik dan khidmat, (husnudzon saya). Pasalnya hal yang demikian dapat dilihat, dipahami dan dicermati dari jalannya acara tersebut yang tidak molor (memerlukan banyak waktu).        Hari itu telah menjadi saksi bisu sejarah kehidupan (baik parsial/kolektif) yang menegaskan adanya sesuatu hal yang istimewa, penting dan berharga. Tentu saja semua itu dipandang dari framework umat manusia yang lumrah.           Gejolak rasa parsial pun pastinya tidaklah lepas dari pengaruh keadaan yang sedang terjadi. Namun nampaknya rasa bahagia pun menjadi dominan dalam menyelimuti diri. Hal

Memaksimalkan Fungsi Grup WhatsApp Literasi

(Gambar download dari Twitter) Ada banyak grup WhatsApp yang dapat kita ikuti, salah satunya adalah grup literasi. Grup literasi, ya nama grup yang saya kira mewakili siapa saja para penghuni di dalamnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi khalayak bahwa nama grup selalu merepresentasikan anggota yang terhimpun di dalamnya.  Kiranya konyol jika kemudian nama grup kontradiktif dengan anggota yang tergabung di dalamnya. Mengapa demikian? Sebab rumus yang berlaku di pasar legal per-WhatsApp-an adalah setiap orang bergabung menjadi group member selalu berdasarkan spesialisasi motif yang sama. Spesialisasi motif itu dapat diterjemahkan sebagai hobi, ketertarikan, kecenderungan dan lainnya. Sebagai contoh, grup WhatsApp jual beli mobil tentu akan memiliki nama grup yang berkorelasi dengan dunia mobil dan dihuni oleh anggota yang memiliki hobi atau pun ketertarikan yang satu suara. Tampaknya akan sangat lucu jika seseorang yang memiliki hobi memasak lantas yang diikuti secara update adal