Langsung ke konten utama

Ngabdi Ka Lemah Cai



Rumpaka 17 Pupuh
Pupuh téh nyaéta wangun puisi lisan tradisional Sunda (atawa, mun di Jawa mah katelah ogé kungaran macapat). anu tangtuna ngagaduhan pola (jumlah engang jeung sora) dina tiap-tiap kalimahna. Nalika balarea tacan pati wanoh kana wangun puisi/sastra modérn, pupuh ilaharna sok dipaké dina ngawangun wawacan atawa dangding, anu luyu jeung watek masing-masing pupuh. Dimana sifat pupuhna osok dijadikeun salah sahiji panggon atanapi sarana pikeun ngawakilan kaayaan, kajadian anu keur dicaritakeun.
Teras ku naon disebat rumpaka 17 pupuh?, alasanna di sebat rumpaka 17 pupuh nyaeta kusabab pupuh dibagi jadi sababaraha bagian anu luyu atanapi salaras sareng kaayaan (kajadian) dina kahirupan. 
Yang dimaksud ialah Pupuh yaitu berupa puisi/sastra lisan tradisional sunda (atau kalau di Jawa dikenal dengan macapat) yang mempunyai aturan yang pasti (jumlah baris dan vokal/nada) kalimatnya. Ketika belum mengenal bentuk puisi/sastra modern, pupuh biasanya digunakan dalam aktivitas kehidupan atau kegiatan pesta, yang sesuai dengan sifat masing-masing pupuh yang mewakii keadaan /situasi yang sedang terjadi dibicarakan.

1.    Asmarandana 
Pupuh ini dinaynyikan dikala anak menjadi dewasa memilih kawan hidup untuk selama-selamanya yang didasarkan pada kasih sayang dan cinta mesra dalam menuju ke jenjang Rumah Tangga.
Sifat/watek dari pupuh ini ialah silih asih silih pikanyaah atawa mépélingan. Biasanya setiap1 Pada = 8 padalisan (baris).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
éling éling mangka éling ( 8 engang – vokal i / E-ling-é-ling-
mang-ka-é-ling (jumlah 8), ling panungtung vokalna i)
rumingkang di bumi alam( 8 – a )
darma wawayangan bae ( 8 – e )
raga taya pangawasa ( 8 – a )
lamun kasasar lampah ( 7 – a )
nafsu nu matak kaduhung ( 8 – u )
badan anu katempuhan ( 8 – a )
Panambih (tambahan):
éling-éling masing éling
Di dunya urang ngumbara
Laku lampah nu utama
Asih ka papada jalma
Ucap tékad reujeung lampah
Tingkah polah sing merenah
Runtut rukun sauyunan
Hirup jucung panggih jeung kamulyaan

2.    Balakbak 
Sifat/watek dari pupuh ini ialah lucu atau pikaseurieun.
Biasanya setiap 1 pada = terdiri dari 3 padalisan (baris).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Aya warung sisi jalan rame pisan – Citameng(15-e)
Awéwéna luas luis geulis pisan – ngagoréng (15-e)
Lalakina lalakina los ka pipir nyoo monyét – nyanggéréng (19-e).

3.    Dangdanggula 
Biasanya dinyanyikan saat menerima cobaan saat jiwa raga saling memberi tanpa mengharapkan imbalan sebagai bukti akan kuatnya dalam bercinta (menikmati kehidupan). Biasanya setiap 1 pada tidak terikat berapa jumlah barisan (padalisan).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Méga beureum surupna geus burit
Ngalanglayung panas pipikiran
Cikur jangkung jahé konéng
Naha teu palay tepung
Sim abdi mah ngabeunying leutik
Ari ras cimataan
Gedong tengah laut
Ulah kapalang nya béla
Paripaos gunting pameulahan gambir
Kacipta salamina

4.    Durma 
Biasanya dinyanyikan sewaktu kedua mempelai naik kepelaminan sebagai tanda akan syahnya suatu perkawinan Saat keduanya menguatkan tali ikatan. Biasanya setiap 1 pada tidak terikat berapa jumlah barisan (padalisan).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini: 
Moal ngejat sanajan ukur satapak
Geus dipasti ku jangji
Mun tacan laksana
Numpes musuh sarakah
Heunteu niat seja balik
Najan palastra
Mati di médan jurit

5.    Gambuh 
Biasanya pupuh ini mengiringi keputusan untuk mempersunting sang dara dengan meminang pilihan hati dengan gembira sebagai pelambang kesucian hati dan rasa cinta.
Sifat/watek pupuh ini ialah bingung, samar polah atawa tambuh laku.
Biasanya setiap 1 Pada = 5 padalisan (baris).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini: 
Ngahuleng banget bingung ( 7 – u )
Henteu terang ka mana ngajugjug ( 10 – u )
Turug turug harita teh, enggeus burit ( 12 – i )
Panon poé geus rek surup ( 8 – u )
Keueung sieun, aya méong ( 8 – o )
Panambih:
Hulang-huleng, hulang-huleng
Ngahuleng ngaraga meneng
Hate ratug, tutunggulan
Heunteu terang, kaler-kidul
Turug-turug, turug-turug
Harita téh, enggeus burit
Panonpoé geus rék surup
Keueung sieun aya meong

6.    Gurisa 
Pupuh ini menempati tempat istimewa, yang di dalamnya  mengandung kerisihan dan cemas didalam dada, dan dalam pikiran mempertanyakan bagaimana keadaan seorang anak yang telah berumah tangga. Apakah betul-betul anaku bahagia dan terpenuhi kebutuhan hidupnya.
Sifat/watek pupuh ini ialah diliputi dengan penuh kekhawatitan atau kecemasan. Biasanya setiap 1 Pada = 8 Padalisan (baris).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini: 
Hayang teuing geura beurang ( 8 – a )
geus beurang rék ka Sumedang ( 8 – a )
nagih anu boga hutang (8 – a )
mun meunang rek meuli soang ( 8 – a )
rek nganjang ka budak urang ( 8 – a )
moal buru buru mulang ( 8 – a )
rek meting dibudak urang ( 8 – a )
jeung diajar nabeuh gambang ( 8 – a)

7.    Juru Demung 
Sifat/watek dari pupuh ini ialah berupa pepeling (mengingat sang Maha Kuasa yaitu gusti Alloh), atau menghayati arti dari kehidupan. Biasanya setiap 1 pada tidak terikat berapa jumlah barisan (padalisan).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Mungguh nu hirup di dunya ( 8-u )
Ku kersaning anu agung ( 8-u )
Geus pasti bakal papanggih ( 8-i )
Jeung dua rupa perkara ( 8-a )
Senang paselang jeung bingung ( 8-u )
Dua rupa nu tumiba
Sakabeh jalma di dunya
Senang patumbu jeung bingung
Eta geus tangtu kasorang

8.    Kinanti 
Biasanya dilagukan karena cintanya kepada bayi yang mulai mengenal dunia secara perlahan, yang mulai mengenali Ibu dan Bapanya dserta mengharapkan cinta dan kasih yang mesra dari keduanya.
Sifat/watek pupuh ini ialah berharap atau prihatin.
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Biasanya setiap 1 Pada = 6 Padalisan (baris)
Budak leutik bisa ngapung ( 8 – u )
Babaku ngapungna peuting ( 8 – i )
Nguriling kakalayangan ( 8 – a )
Neangan nu amis-amis ( 8 – i )
Sarupaning bubuahan ( 8 – a )
Naon bae nu kapanggih ( 8 – i )

9.        Lambang 
Sifat/watek dari pupuh ini ialah banyol, lucu atau pikaseurieun.
Biasanya setiap 1 Pada terdiri dari empat Padalisan (baris).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Nawu kubang sisi tegal ( 8 – a )
Nyair bogo meunang kadal ( 8 – a )
Atuh teu payu dijual ( 8 – a )
Rek didahar da teu halal ( 8 – a )

10.    Magatruh 
Pupuh megatruh biasanya berisi mengeluhkan kedatangan malaikat dimana saat jiwa akan diangkat dan raga ditinggalkan untuk dirawat Oleh sekalian keluarga dan kerabat.
Sifat/watek dari pupuh ini ialah menggambarkan ketidak ada upayaan atau pasrah. Biasanya setiap 1 pada tidak terikat berapa jumlah barisan (padalisan).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Sukuna pakepit tilu
Panonna opat harerang
Leumpangna semu nu lesu
Ngalengkah teu bisa gancang

11.    Maskumambang 
Biasanya dinyanyikan oleh dayang-dayang untuk menghibur putri yang sedang mengandung agar jabang bayi lahir dengan beruntung. Biasanya setiap 1 pada tidak terikat berapa jumlah barisan (padalisan).
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Mesat ngapung putra Sang Arimbi
Jeung mega geus awor
Beuki lila beuki luhur bae
Larak-lirik ninggali ka bumi
Milari sang rai
Pangeran Bimanyu

12.    Mijil 
Biasanya dinyanyikan untuk sang Putri sewaktu melahirkan sang bayi sebagai hiburan mengalami nyeri yang diderita hanya oleh dirinya sendiri. Sifat/watek pupuh ini ialah menggambarkan keadaan melahirkan. Biasanya setiap satu pada terdiri dari empat padalisan.
Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Duh manusa mana kaniaya teuing
teu aya rasrasan
abong ka mahluk nu laip
nyiksa henteu jeung aturan
Hulu abdi karaosna langkung nyeri
tulang asa bejad
tanduk mah pon kitu deui
taya raoskeuneunnana
Na dikinten abdi mungarasa nyeri
pedah kabisan
tapi yaktosna mah abdi
ngan bakating kumawula
Oge margi anjeun rupina ka abdi
miwarang jeung maksa
buktina disina jurit
kalawan jeung dihatean

13.    Pangkur 
 pangkur diciptakan untuk manusia yang telah mengalami hidup secukupnya didunia yang sudah terbuka matanya, bahwa hidup ini tidak mengumpulkan dunia saja. Sifat/watek pupuh ini ialah meninggalkan nikmatnya kehidupan. Biasanya setiap satu pada terdiri dari tujuh padalisan. Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Seja nyaba ngalalana ( 8 – a )
ngitung lembur ngajajah milang kori ( 12 – i )
henteu puguh nu dijugjug ( 8 – u )
balik paman sadaya ( 7 – a )
anu ti mana mendi bakal mati ( 12 – i )
Taya banda keur dibawa ( 8 – a )
Kabeh banda nu didunya ( 8 – a )

14.    Pucung                                 
Pupuh ini dinyanyikan sebagai tanda supaya jenazah dimandikan menurut agamanya dibungkus dengan kain kafan dari kaki ke ujung kepala tanda bahwa pulang itu tidak membawa apa-apa. Sifat/watek pupuh ini ialah mepelingan (mengingatkan). Biasanya setiap satu pada terdiri dari empat padalisan. Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Estu untung nu bisa mupunjung indung ( 12 – u )
jeung nyenangkeun bapa ( 6 – a )
tanda yen bagjana gede ( 8 – e )
hirup mulus kaseundeuhan ku berekah ( 12 – a )

15.    Sinom 
Pupuh dinyanyikan anak sudah muda belia membukakan mata akan kehidupan dunia yang nyata berkenalan dengan teman dan sanak saudara serta mempersiapkan diri mengarungi kehidupan didunia. Sifat/watek pupuh ini ialah gumbira. Biasanya setiap satu pada terdiri dari sembilan padalisan. Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Di wetan fajar balebat ( 8 – a )
panon poe arek bijil ( 8 – i )
sinarna ruhay burahay ( 8 – a )
kingkilaban beureum kuneng ( 8 – i )
campur wungu saeutik ( 7 – i )
kaselapan semu biru ( 8 – u )
tanda Batara Surya ( 7 – a )
bade lumungsur ka bumi ( 8 – a )
murub mubyar langit sarua hurung herang ( 12 – a )

16.    Wirangrong 
 Adalah pupuh tetentang penutup masa hidup. Wirang artinya mengerti atau tahu cara hidup, dan Rong artinya lubang kubur dimana hidup ditutup (diakhiri). Sifat/watek pupuh ini ialah mepelingan (mengingatkan). Biasanya setiap 1 pada tidak terikat oleh berapa jumlah barisan (padalisan). Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Barudak mangka ngalarti
Ulah rek kadalon-dalon
Enggon-enggon nungtut elmu
Mangka getol mangka tigin
Pibekeleun sarerea
Modal bakti ka nagara

17.    Ladrang
 Sifat/watek pupuh ini ialah memancing timbul penasaran, karena sifatnya yang mirip dengan tebak-tebakan. Biasanya setiap 1 pada terdiri dari 4 padalisan (baris). Contoh pupuhnya seperti dibawah ini:
Aya hiji rupa sato leutik
Engkang-engkang, engkang-engkang
Sok luluncatan dina cai
Ari bangun arek sarupa jeung lancah
Panambih:
Coba teguh masing telik
Eta gambar sidik-sidik
Sato naon kitu wanda
Reujeung dimana ayana
Pada dasarnya sebagian dari rumpaka pupuh 17 yang tadi di atas sudah dibahas, merupakan suatu proses perjalanan hidup manusia dimuka bumi, yaitu yang dimulai dari janin, melahirkan, menikah, ketika menghadapi masalah dan diakhiri dengan kematiaan. Yang mana bila diurutkan pupuhnya sebagai berikut:  maskumambang, mijil, kinanti, sinom, asmarandana, gambuh, durma, dandanggula, gurisa, pangkur, megatruh, pucung dan diakhiri dengan wirangrong. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Deskripsi dihari Wisuda

                   Acara wisuda II IAIN Tulungagung, akhirnya telah diselenggarakan pada hari kemarin, yang lebih tepatnya pada hari Sabtu, (05/9) pagi-siang. Tempat tamu yang telah tersedia dan tertata rapi pun akhirnya mulai dipadati oleh para calon wisudawan, wisudawati dan para tamu undangan.           Acara yang telah teragendakan jauh-jauh hari oleh kampus tersebut pun Alhamdulillah berjalan dengan baik dan khidmat, (husnudzon saya). Pasalnya hal yang demikian dapat dilihat, dipahami dan dicermati dari jalannya acara tersebut yang tidak molor (memerlukan banyak waktu).        Hari itu telah menjadi saksi bisu sejarah kehidupan (baik parsial/kolektif) yang menegaskan adanya sesuatu hal yang istimewa, penting dan berharga. Tentu saja semua itu dipandang dari framework umat manusia yang lumrah.           Gejolak rasa parsial pun pastinya tidaklah lepas dari pengaruh keadaan yang sedang terjadi. Namun nampaknya rasa bahagia pun menjadi dominan dalam menyelimuti diri. Hal

Memaksimalkan Fungsi Grup WhatsApp Literasi

(Gambar download dari Twitter) Ada banyak grup WhatsApp yang dapat kita ikuti, salah satunya adalah grup literasi. Grup literasi, ya nama grup yang saya kira mewakili siapa saja para penghuni di dalamnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi khalayak bahwa nama grup selalu merepresentasikan anggota yang terhimpun di dalamnya.  Kiranya konyol jika kemudian nama grup kontradiktif dengan anggota yang tergabung di dalamnya. Mengapa demikian? Sebab rumus yang berlaku di pasar legal per-WhatsApp-an adalah setiap orang bergabung menjadi group member selalu berdasarkan spesialisasi motif yang sama. Spesialisasi motif itu dapat diterjemahkan sebagai hobi, ketertarikan, kecenderungan dan lainnya. Sebagai contoh, grup WhatsApp jual beli mobil tentu akan memiliki nama grup yang berkorelasi dengan dunia mobil dan dihuni oleh anggota yang memiliki hobi atau pun ketertarikan yang satu suara. Tampaknya akan sangat lucu jika seseorang yang memiliki hobi memasak lantas yang diikuti secara update adal