Langsung ke konten utama

Rhetorika Agama

 
NIKMATNYA DUGEMM

Iftitah
Mungkin diantara sobat semua sudah merasa tidak asing lagi dengan istilah “Dugemm”, sehingga mungkin diantara sobat semua pernah dan sering melakukannya, apalagi dikalangan remaja-remaji yang sudah berkecimpung, ikut serta dan mengikuti perkembangan zaman yang dapat dikatakan dengan istilah tren global. Namun yang dimaksud “Dugemm” disini bukanlah dugem yang kita kenal dengan arti dunia gemerlap, akan tetapi yang dimaksud dengan dugemm yang mempunyai double “m” disini ialah duduk gelisah meneteskan air mata, hems,, dengan demikian pastinya sobat kebingungan dan di dalam pikirannya penuh dengan tanya, duduk yang bagaimana yang mampu meneteskan air mata?
Ems,, kasih tahu gak ya,,, ?? ups, kayaknya kasih tahu aja deh, biar gak bikin penasaran sobat semua. Bila diartikan secara global duduk gelisah meneteskan air mata, mungkin bisa saja karena sedang sedih, sedang patah hati karena ditolak sama perempuan idamannya atau mungkin karena sedang meratapi masalah kehidupan yang sedang dijalani.
Namun yang dimaksud dengan duduk gelisah meneteskan air mata disini ialah duduk yang disertai dengan penuh rasa penyesalan dan penuh harapan untuk mendapat ampunan dari Alloh SWT. Atas semua dosa yang pernah dilakukannya.
Lalu, bagaimana dengan sobat semua?, apakah sobat pernah berfikir yang logis dan secara rasional mengenai semua aktivitas yang telah dilakukan?, apakah sobat yakin bahwa sobat tidak pernah melakukan dosa?, namun meskipun demikian ada sebuah keterangan yang mengatakan bahwa manusia adalah tempatnya kesalahan dan dosa, iyakan sob?.
Pertanyaannya, pernahkah kita termenung sejenak teringat akan dosa yang pernah kita lakukan hingga timbul rasa sesal yang begitu mendalam dari qalbu hingga mata pun tidak sanggup lagi menahan air mata dan tetesan air mata itu merupakan tanda kesungguhan?.
Berikut akan disampaikan mengenai beberapa cara supaya kita mampu merasakan nikmatnya dugemm, sehingga menjadikan status kita menjadi orang yang mulia hingga mencapai kultuminasi dari seorang  mukmin menjadi taqwa.
Misteri Besar Yang Jarang Diketahui Orang
            Misteri adalah sesuatu yang tidak banyak diketahui manusia. Malam yang panjang dan sunyi sesungguhnya menyimpan sebuah misteri yang dapat merubah diri tanpa kita sadari, mungkin sobat takan mampu mengetahui dan bahkan takan merasakan nikmatnya menjalani keheningan malam, merasakan dinginnya malam yang menyusup kedalam jiwa. Kemudian yang patut dipertanyakan ialah apakah sobat untuk bangun malam, tapi bukan berarti hanya bangun untuk ke kamar mandi akan tetapi untuk menghadapkan diri kepada sang pencita kita. Hems.., itulah sob, langkah yang paling utama yaitu  memberanikan diri untuk bangun dari tidur lelap kita. Namun hal itu bukanlah suatu hal yang yang mudah untuk dilakukan sob, kadang ada saja alasan dan sekaligus menjadi tantangan untuk mengetahui misteri dibalik sunyinya malam, yang biasanya timbul rasa malas yang sering terjadi dan sulit dihindari. Namun semuanya tidak akan berarti apa-apa ketika didalam  hati kita sudah tertanam niat  yang kuat dan keinginan yang tinggi untuk bangun, meskipun dalam keadaan terlelap. Sehingga dapat diartikan sedikit tidur, namun sedikit tidur disini bukanlah digunakan untuk bergadang atau nonton sepak bola akan tetapi untuk mendirikan sholat qiyamul lail (tahajud). Bahkan orang-orang yang shalih sangat pintar dan pandai dalam memanfaatkan umurnya, mereka tidak pernah menyia-nyiakan waktunya walaupun itu sedetik, sehingga mereka mempunyai anggapan dengan bangun malam lebih menguatkan jiwa mereka.
            Setelah kita merasa mampu untuk bangun malam, maka langkah yang kedua ialah berusaha mefokuskan pikiran untuk berkonsentrasi hanya kepada Alloh SWT., dalam arti kita berusaha melatih khusyuk dalam sholat tahajud. Mungkin hal ini hanya dapat dikatakan hanya orang yang sudah benar-benar ahlilah (terbiasa) dalam beribadah yang mampu melakukannya, karena kadang kita merasa selalu berusaha untuk khusyuk namun bisikan dan godaan setan senantiasa membayang-bayangi kita, sehingga pikiran dan hati kita buyar tak terarah, dapat diartikan konsentrasi kita tidak terkontrol.
            Apalagi bila kita sedang mempunyai masalah, rasanya pikiran kita hanya fokus dan tertuju pada masalah tersebut. Namun hal itu bukanlah suatu permasalahan yang berarti karena yakinlah pada hakikatnya jika sobat semua merasa sebagai remaja-remaji pasti takan pernah mengenal kata menyerah, karena sifatnya yang selalu ingin mencoba sesuatu hal baru. Berikut adab atau tatacara dan faktor pendukung untuk mengantarkan kita supaya khusyuk dalam bertahajud :
v  Tidurlah dalm keadaan suci dari hadas, baik itu dari hadas kecil maupun hadas besar. Ibnu Abbas ra. Menerangkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda : “ sucikanlah jasmani ini, niscaya Alloh menyucikan (rohani) kalian, sebab seorang hamba yang tidur dalam keadaan suci malaikat ikut tidur dalam selimut yang dikenakannya, setiap kali dia barbalik pada malam itu malaikat tadi berkata :  Ya Alloh, ampunilah haba-Mu ini karena dia tidur dalam keadaan suci ”, (H.R. Ath-Thabrani)
v  Menggosok gigi setelah bangun tidur, Ibnu Abbas ra. Meriwayatkan bahwa dia pernah tidur di rumah Rasululluh SAW. Dia berkata : “Rasulullah SAW. Bangun lalu menyikat gigi dan berwudhu”
v  Berdzikir sesudah bangun tidur, Abu Salamah bin Abdurrahman bin Auf pernah bertanya kepada Aisiyah mengenai bagaimana Rasulullah memulai shalatnya setelah bangun malam, Aisiyah menjelaskan, apabila bangun malam dan hendak memulai shalat beliau membaca : “........, dalam apa yang diperselisihkan itu, tunjukkanlah aku pada kebenaran, karena sesungguhnya Engkau menunjuki siapa saja yang Engkau kehendaki kejalan yang lurus”
v  Niat shalat tahajud dengan hati yang ikhlas, karena untuk melakukan shalat tahajud bukanlah suatu yang mudah oleh karena itu dianggap berat manakala hati kita tidak ikhlas, maka haruslah ikhlas dan karena Alloh semata dalam mengerjakannya
v  Bersungguh-sungguh
v  Resapi (hayati) setiap bacaan dan gerakkan dalam shalat
Sehingga bila sobat semua sudah merasa mampu mengerjakan semua hal yang tertera di atas, maka yakinlah sobat akan merasa ketagihan untuk mengerjakan  qiyamul lail (tahajud), karena pada hakikatnya dengan mengerjakan itu kita mampu berkomunikasi secara langsung sang pencipta dengan maksud untuk mengadu kepada-Nya, dan sekaligus meraih cinta-Nya di senyian malam. Pada waktu malam hari adalah kesemptan emas untuk menjadi hamba Alloh yang bertaqwa. Mungkin sekali, dua kali sobat takan secara langsung merasa ada perubahan pada diri sobat, setelah melakukannya. Akan tetapi  sobat baru akan merasakan perubahan yang secara reflek tidak disadari oleh diri sendiri, dan hal itu akan ada ketika kita sudah terbiasa bangun malam untuk mendirikan qiyamul lail. Hal itu juga merupakan langkah awal perubahan menuju kebaikan dan kemuliaan. Demikian juga dengan suasana hati rasanya tenang dan senantiasa selalu ingin mengerjakan kewajiban kita dengan sebaik-baiknya, begitu juga dengan amalan sunah lainnya mengikuti secara reflek karena shalat tahajud merupakan pintu menuju kebaikan.
Hems.., disaat selesai shalat qiyamul lail itulah, mungkin hati ini mulai merasa dekat dengan Alloh yang diiringi denagan lantunan istigfar yang pelan serta diikuti dengan rasa sesal yang sungguh-sungguh dan mendalam dari lubuk hati yang dalam hingga mata kita pun tidak mampu menahan air mata, yang tidak lama kemudian tetesan air matapun mulai berjatuhan membasahi pangkuan. Mungkin tangisan itu tidak akan mampu menghapus dan menebus semua kesalahan yang telah diperbuat, namun hamba-Mu yang hina ini menaruh harapan besar akan ampunan-Mu, itulah perkataan yang harus diselipkan dalam hati kita. Nah, mungkin sobat mulai memahami dan mengerti apa arti sesungguhnya yang disebut dugemm di sini, dan pastinya sobat semua akan merasakan nikmatnya dugemm, karena semakin lama kita memanjatkan do’a maka akan semakin kuat energi tahajud yang akan dirasakan dalam jiwa, pikiran menjadi cerah dan jiwa menjadi tenang. Sehingga Khalid Abu Syadi menulis kalimat indah tentang bagaimana suasana orang yang beristigfar dikeheningan malam, Khalid menulis demikian :
Ketika tanah kering kerontang, tanaman-tanaman kekurangan air, hewan-hewan kehausan, daun-daun luruh berjatuhan meminta perlindungan kepada Alloh dari tajamnya sengatan matahari, dinginnya air dan keringnya pasir.

Khotimah
            Di dalam majelis ta’lim mungkin sobat pernah atau sering mendengar mengenai sebuah hadits yang diriwayatkan oleh muslim, bunyi haditsnya sebagai berikut : “ Shalat yang paling utama stelah shalat wajib adalah shalat ditengah malam. Puasa yang palin utama selain di bulan Ramadhan adalah puasa yang di bulan Alloh, Muharam”. Mungkin bila sobat hanya sebatas mendengarnya tanpa mempunyai kesadaran untuk mencobanya, sobat semua tidak akan merasakan dan mengetahui nikmatnya dugemm dikesunyian malam.
            Meskipun sulit untuk mengerjakan shalat tahajud, akan tetapi dengan niat yang kuat dan keinginan yang tinggi untuk merubah diri menjadi lebih baik, pasti kita akan mampu  bangun untuk mendirikan shalat tahajud, dengan demikian mari kita sama-sama untuk membiasakan diri mengerjakan shalat tahajud, supaya kita senantiasa dekat dengan-Nya, meraih cinta-Nya, dan sekaligus mencapai predikat taqwa dihadapan Alloh SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngabdi Ka Lemah Cai

Rumpaka 17 Pupuh Pupuh téh nyaéta wangun puisi lisan tradisional Sunda (atawa, mun di Jawa mah katelah ogé kungaran macapat). anu tangtuna ngagaduhan pola (jumlah engang jeung sora) dina tiap-tiap kalimahna. Nalika balarea tacan pati wanoh kana wangun puisi/sastra modérn, pupuh ilaharna sok dipaké dina ngawangun wawacan atawa dangding, anu luyu jeung watek masing-masing pupuh. Dimana sifat pupuhna osok dijadikeun salah sahiji panggon atanapi sarana pikeun ngawakilan kaayaan, kajadian anu keur dicaritakeun. Teras ku naon disebat rumpaka 17 pupuh?, alasanna di sebat rumpaka 17 pupuh nyaeta kusabab pupuh dibagi jadi sababaraha bagian anu luyu atanapi salaras sareng kaayaan (kajadian) dina kahirupan.   Yang dimaksud ialah Pupuh yaitu berupa puisi/sastra lisan tradisional sunda (atau kalau di Jawa dikenal dengan macapat) yang mempunyai aturan yang pasti (jumlah baris dan vokal/nada) kalimatnya. Ketika belum mengenal bentuk puisi/sastra modern, pupuh biasanya digunakan dalam aktiv

Deskripsi dihari Wisuda

                   Acara wisuda II IAIN Tulungagung, akhirnya telah diselenggarakan pada hari kemarin, yang lebih tepatnya pada hari Sabtu, (05/9) pagi-siang. Tempat tamu yang telah tersedia dan tertata rapi pun akhirnya mulai dipadati oleh para calon wisudawan, wisudawati dan para tamu undangan.           Acara yang telah teragendakan jauh-jauh hari oleh kampus tersebut pun Alhamdulillah berjalan dengan baik dan khidmat, (husnudzon saya). Pasalnya hal yang demikian dapat dilihat, dipahami dan dicermati dari jalannya acara tersebut yang tidak molor (memerlukan banyak waktu).        Hari itu telah menjadi saksi bisu sejarah kehidupan (baik parsial/kolektif) yang menegaskan adanya sesuatu hal yang istimewa, penting dan berharga. Tentu saja semua itu dipandang dari framework umat manusia yang lumrah.           Gejolak rasa parsial pun pastinya tidaklah lepas dari pengaruh keadaan yang sedang terjadi. Namun nampaknya rasa bahagia pun menjadi dominan dalam menyelimuti diri. Hal

Memaksimalkan Fungsi Grup WhatsApp Literasi

(Gambar download dari Twitter) Ada banyak grup WhatsApp yang dapat kita ikuti, salah satunya adalah grup literasi. Grup literasi, ya nama grup yang saya kira mewakili siapa saja para penghuni di dalamnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi khalayak bahwa nama grup selalu merepresentasikan anggota yang terhimpun di dalamnya.  Kiranya konyol jika kemudian nama grup kontradiktif dengan anggota yang tergabung di dalamnya. Mengapa demikian? Sebab rumus yang berlaku di pasar legal per-WhatsApp-an adalah setiap orang bergabung menjadi group member selalu berdasarkan spesialisasi motif yang sama. Spesialisasi motif itu dapat diterjemahkan sebagai hobi, ketertarikan, kecenderungan dan lainnya. Sebagai contoh, grup WhatsApp jual beli mobil tentu akan memiliki nama grup yang berkorelasi dengan dunia mobil dan dihuni oleh anggota yang memiliki hobi atau pun ketertarikan yang satu suara. Tampaknya akan sangat lucu jika seseorang yang memiliki hobi memasak lantas yang diikuti secara update adal