Langsung ke konten utama

Ngabudayakeun Basa jeung sastra Sunda



KAKAWIHAN
Pikeun ngabudayakeun basa sareng kebudayaan sunda, sahentena urang sunda anu aya dilembur batur atawa ngumbara mesti tetep ngalanggengken basa sareng budaya sunda. Kumargi tiap-tiap urang sunda ngagaduhan hak sareng kawajiban pikeun ngalestarikeun sareng ngembangkeun kabudayaan sunda. Upami ditilik-tilik ku urang sadaya, tos seer pisan teknologi anu parantos diciptakeun sareng dikembangkeun pikeun ngabantosan kasesahan dina milarian solusina. Nya, ku ayana teknologi eta naha atuh hente dijadikeun salah sahiji media atawa panggon pikeun ngalestarikeun kabudayaan lemah cai urang sadaya nyaeta sunda. Ku kituna simkuring didieu insyaalloh bade ngawitan ngalestarikeunnana. Didieu simkuring bade medarkeun salah sahiji kabudayaan sunda, nyaeta kakawihan.
  Kakawihan ini merupakan salah satu kebudayaan sunda yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat sunda, artinya kakawihan ini masih sering sekali dipakai oleh masyarakat Sunda dari berbagai kalangan sering sekali menyanyikan dan melantunkan Kawih Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Menurut pengamatan yang bersumber pada buku Siska Kandanf Karesian pada tahun 1518, masyarakat Sunda telah mengenal kawih lebih dahulu sebelum tembang (pupuh) masuk pada zaman Mataram (abad XVI).
1.      Pengertian Kakawihan
Kata atau istilah Kakawihan berasal dari kata kawih, yang mempunyai arti sya’ir-sya’ir yang tidak mempunyai batasan ataupun aturan (patokan pupuh) dan kawih terikat oleh ketukan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kawih termasuk kedalam Sekar irama merdeka. Kawih juga termasuk kedalam bagian dari khasanah seni Sunda yang dibentuk oleh dua unsur yaitu unsur seni dan sastra.  Tangga nada yang digunakan dalam kawih yaitu tangga nada pentatonis, yang patokanya berdasarkan pada: Da-mi-na-ti-la-da.
Kakawihan ini termasuk kedalam sastra lisan, yang cara penyebarannya melalui tatalepa (dari mulut ke mulut) sacara turun tumurun di lingkungan masarakat. Sehingga kakawihan sering disebut dengan sastra umum (balarea) karena karya sastra ini tidak ada penciptanya yang jelas (anonim). Orang yang memainkan kawih sendiri disebut Juru Kawih atau Sinden (Tukang ngawihna disebut Juru Kawih atawa Sindén).
Lagam kawih sendiri pada dasarnya telah lama hidup dalam khazanah karawitan Sunda. Masalahnya sekarang lagu-lagu kawih lebih banyak berorientasi pada lagu-lagu perkembangan (kreasi baru),  perkembangan kawih saat ini berorientasi pada pendidikan dan kaum remaja. Tokoh-tokoh seperti Rd. Machyar Anggakusumadinata, Mang Koko, OK Jaman, Ujo Ngalagena, Nano. S dan lain-lain membuat buu-buku pelajaran seni suara dalam bentuk kawih.
2.      Macam-macam Kawih
a.       Kawih Tangtung
b.        Kawih Panjang
c.         Kawih Lalangunan
d.        Kawih Bongbongkaso
e.         Kawih Parerane
f.         Kawih Sisindiran
g.        Kawih Bwatuha
h.        Kawih Babatranan
i.          Kawih Porod Eurih
j.          Kawih Sasambatan
k.        Kawih Igel-igelan
l.          Kawih barudak atau kawih murangkalih, yaitu sebangsa kawih yang biasa dilantunkan oleh anak kecil, baik itu didalam rumah maupun diluar rumah. Yang diibaratkan di taman saat terang bulan, atau ditempat lainnya tempat mereka sedang bermain.
Contohnya:
1)   Cing cangkeling
Kawih ini biasanya digunakan untuk menghitung sebelum bermain kucing-kucingan. sebelum bermain dimulai, maka seorang anak akan menyanyikannya, bunyi kawihnya sebagai berikut:
Cing cangkeling
Manuk cingkleng cindeten
Plos ka olong
Bapa Satar buleneng

2)   Cing Ciripit
Kawih ini juga digunakan untuk menghitung sebelum bermain kucing-kucingan. Bunyi kawihnya sebagai berikut:
Cing ciripit
Tulang bajing kacapit
Kacapit ku bulu pare
Bulu pare seuseukeutna
Selain redaksi yang ada di atas, kawih cing ciripit juga ada yang seperti di bawah ini:
Cing cirripit
Gulali lobang
Saha nu kacapit
Tunggu lawang
Mungsakitu anu tiasa simkuring dugikeun, upami aya kalepatan dina medarkeun pasualan  anu diluhur, simkuring nyuhunkeun kritik sareng saranna ti balarea.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngabdi Ka Lemah Cai

Rumpaka 17 Pupuh Pupuh téh nyaéta wangun puisi lisan tradisional Sunda (atawa, mun di Jawa mah katelah ogé kungaran macapat). anu tangtuna ngagaduhan pola (jumlah engang jeung sora) dina tiap-tiap kalimahna. Nalika balarea tacan pati wanoh kana wangun puisi/sastra modérn, pupuh ilaharna sok dipaké dina ngawangun wawacan atawa dangding, anu luyu jeung watek masing-masing pupuh. Dimana sifat pupuhna osok dijadikeun salah sahiji panggon atanapi sarana pikeun ngawakilan kaayaan, kajadian anu keur dicaritakeun. Teras ku naon disebat rumpaka 17 pupuh?, alasanna di sebat rumpaka 17 pupuh nyaeta kusabab pupuh dibagi jadi sababaraha bagian anu luyu atanapi salaras sareng kaayaan (kajadian) dina kahirupan.   Yang dimaksud ialah Pupuh yaitu berupa puisi/sastra lisan tradisional sunda (atau kalau di Jawa dikenal dengan macapat) yang mempunyai aturan yang pasti (jumlah baris dan vokal/nada) kalimatnya. Ketika belum mengenal bentuk puisi/sastra modern, pupuh biasanya digunakan dalam a...

Make a Deal

Gambar: Dokumentasi Pribadi saat bertamu di kediaman mas Novel Jauh sebelum bedah buku Tongkat Mbah Kakung digemakan sebenarnya secara pribadi saya berinisitif hendak mengundang mas Novel ke SPK Tulungagung. Inisiatif itu muncul tatkala saya mengamati bagaimana himmah dan ghirah literasi dalam dirinya yang kian meggeliat. Terlebih lagi, 2 tahun belakangan ia berhasil melahirkan dua buku solo: Tongkat Mbah Kakung: Catatan Lockdown dan Teman Ngopi (Ngolah Pikir) . Dua buku solo yang lahir dibidani oleh Nyalanesia.  Apa itu Nyalanesia? Nyalanesia merupakan star up yang fokus bergerak dalam pengembangan program literasi di sekolah secara nasional. Karena ruang lingkupnya nasional maka semua jenjang satuan pendidikan dapat mengikuti Nyalanesia. Hanya itu? Tidak. Dalam prosesnya tim Nyalanesia tidak hanya fokus memberikan pelatihan, sertifikasi kompetensi dan akses pada program yang prover,  melainkan juga memfasilitasi siswa dan guru untuk menerbitkan buku.  Konsepnya ya mem...

Deskripsi dihari Wisuda

                   Acara wisuda II IAIN Tulungagung, akhirnya telah diselenggarakan pada hari kemarin, yang lebih tepatnya pada hari Sabtu, (05/9) pagi-siang. Tempat tamu yang telah tersedia dan tertata rapi pun akhirnya mulai dipadati oleh para calon wisudawan, wisudawati dan para tamu undangan.           Acara yang telah teragendakan jauh-jauh hari oleh kampus tersebut pun Alhamdulillah berjalan dengan baik dan khidmat, (husnudzon saya). Pasalnya hal yang demikian dapat dilihat, dipahami dan dicermati dari jalannya acara tersebut yang tidak molor (memerlukan banyak waktu).        Hari itu telah menjadi saksi bisu sejarah kehidupan (baik parsial/kolektif) yang menegaskan adanya sesuatu hal yang istimewa, penting dan berharga. Tentu saja semua itu dipandang dari framework umat manusia yang lumrah.     ...