Langsung ke konten utama

Ngabudayakeun Basa jeung sastra Sunda



KAKAWIHAN
Pikeun ngabudayakeun basa sareng kebudayaan sunda, sahentena urang sunda anu aya dilembur batur atawa ngumbara mesti tetep ngalanggengken basa sareng budaya sunda. Kumargi tiap-tiap urang sunda ngagaduhan hak sareng kawajiban pikeun ngalestarikeun sareng ngembangkeun kabudayaan sunda. Upami ditilik-tilik ku urang sadaya, tos seer pisan teknologi anu parantos diciptakeun sareng dikembangkeun pikeun ngabantosan kasesahan dina milarian solusina. Nya, ku ayana teknologi eta naha atuh hente dijadikeun salah sahiji media atawa panggon pikeun ngalestarikeun kabudayaan lemah cai urang sadaya nyaeta sunda. Ku kituna simkuring didieu insyaalloh bade ngawitan ngalestarikeunnana. Didieu simkuring bade medarkeun salah sahiji kabudayaan sunda, nyaeta kakawihan.
  Kakawihan ini merupakan salah satu kebudayaan sunda yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat sunda, artinya kakawihan ini masih sering sekali dipakai oleh masyarakat Sunda dari berbagai kalangan sering sekali menyanyikan dan melantunkan Kawih Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Menurut pengamatan yang bersumber pada buku Siska Kandanf Karesian pada tahun 1518, masyarakat Sunda telah mengenal kawih lebih dahulu sebelum tembang (pupuh) masuk pada zaman Mataram (abad XVI).
1.      Pengertian Kakawihan
Kata atau istilah Kakawihan berasal dari kata kawih, yang mempunyai arti sya’ir-sya’ir yang tidak mempunyai batasan ataupun aturan (patokan pupuh) dan kawih terikat oleh ketukan. Sehingga dapat dikatakan bahwa kawih termasuk kedalam Sekar irama merdeka. Kawih juga termasuk kedalam bagian dari khasanah seni Sunda yang dibentuk oleh dua unsur yaitu unsur seni dan sastra.  Tangga nada yang digunakan dalam kawih yaitu tangga nada pentatonis, yang patokanya berdasarkan pada: Da-mi-na-ti-la-da.
Kakawihan ini termasuk kedalam sastra lisan, yang cara penyebarannya melalui tatalepa (dari mulut ke mulut) sacara turun tumurun di lingkungan masarakat. Sehingga kakawihan sering disebut dengan sastra umum (balarea) karena karya sastra ini tidak ada penciptanya yang jelas (anonim). Orang yang memainkan kawih sendiri disebut Juru Kawih atau Sinden (Tukang ngawihna disebut Juru Kawih atawa Sindén).
Lagam kawih sendiri pada dasarnya telah lama hidup dalam khazanah karawitan Sunda. Masalahnya sekarang lagu-lagu kawih lebih banyak berorientasi pada lagu-lagu perkembangan (kreasi baru),  perkembangan kawih saat ini berorientasi pada pendidikan dan kaum remaja. Tokoh-tokoh seperti Rd. Machyar Anggakusumadinata, Mang Koko, OK Jaman, Ujo Ngalagena, Nano. S dan lain-lain membuat buu-buku pelajaran seni suara dalam bentuk kawih.
2.      Macam-macam Kawih
a.       Kawih Tangtung
b.        Kawih Panjang
c.         Kawih Lalangunan
d.        Kawih Bongbongkaso
e.         Kawih Parerane
f.         Kawih Sisindiran
g.        Kawih Bwatuha
h.        Kawih Babatranan
i.          Kawih Porod Eurih
j.          Kawih Sasambatan
k.        Kawih Igel-igelan
l.          Kawih barudak atau kawih murangkalih, yaitu sebangsa kawih yang biasa dilantunkan oleh anak kecil, baik itu didalam rumah maupun diluar rumah. Yang diibaratkan di taman saat terang bulan, atau ditempat lainnya tempat mereka sedang bermain.
Contohnya:
1)   Cing cangkeling
Kawih ini biasanya digunakan untuk menghitung sebelum bermain kucing-kucingan. sebelum bermain dimulai, maka seorang anak akan menyanyikannya, bunyi kawihnya sebagai berikut:
Cing cangkeling
Manuk cingkleng cindeten
Plos ka olong
Bapa Satar buleneng

2)   Cing Ciripit
Kawih ini juga digunakan untuk menghitung sebelum bermain kucing-kucingan. Bunyi kawihnya sebagai berikut:
Cing ciripit
Tulang bajing kacapit
Kacapit ku bulu pare
Bulu pare seuseukeutna
Selain redaksi yang ada di atas, kawih cing ciripit juga ada yang seperti di bawah ini:
Cing cirripit
Gulali lobang
Saha nu kacapit
Tunggu lawang
Mungsakitu anu tiasa simkuring dugikeun, upami aya kalepatan dina medarkeun pasualan  anu diluhur, simkuring nyuhunkeun kritik sareng saranna ti balarea.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngabdi Ka Lemah Cai

Rumpaka 17 Pupuh Pupuh téh nyaéta wangun puisi lisan tradisional Sunda (atawa, mun di Jawa mah katelah ogé kungaran macapat). anu tangtuna ngagaduhan pola (jumlah engang jeung sora) dina tiap-tiap kalimahna. Nalika balarea tacan pati wanoh kana wangun puisi/sastra modérn, pupuh ilaharna sok dipaké dina ngawangun wawacan atawa dangding, anu luyu jeung watek masing-masing pupuh. Dimana sifat pupuhna osok dijadikeun salah sahiji panggon atanapi sarana pikeun ngawakilan kaayaan, kajadian anu keur dicaritakeun. Teras ku naon disebat rumpaka 17 pupuh?, alasanna di sebat rumpaka 17 pupuh nyaeta kusabab pupuh dibagi jadi sababaraha bagian anu luyu atanapi salaras sareng kaayaan (kajadian) dina kahirupan.   Yang dimaksud ialah Pupuh yaitu berupa puisi/sastra lisan tradisional sunda (atau kalau di Jawa dikenal dengan macapat) yang mempunyai aturan yang pasti (jumlah baris dan vokal/nada) kalimatnya. Ketika belum mengenal bentuk puisi/sastra modern, pupuh biasanya digunakan dalam a...

Anak Penjajak Komik

Dokpri: Qadira dengan koleksi komiknya Belakangan saya dibuat takjub melihat pemandangan tak biasa di kelas 2 SDIT Baitul Quran. Takjub bukan karena huru-hara sedang meluluhlantakkan kursi dan meja. Bukan, bukan karena mereka sedang melakukan kegaduhan, bullying dan kenakalan meronta-ronta yang tampak di depan mata melainkan fenomena yang menyegarkan hati.  Bukan hanya maknyes di hati saya kira namun fenomena yang membuat hati merasa bangga: terketuk, kagum dan penasaran sekaligus menampar pipi--bagi siapa pun yang melihat. Lha, memang apa? Baca komik. Cuma baca komik? Tentu tidak. Tidak sedangkal itu kejadiannya.  Almira dan Qadira adalah dua siswi yang membuat saya takjub itu. Mereka berbeda dari siswa-siswi lain. Jika umumnya anak menjadikan semua tempat untuk bermain, bermain di semua tempat sesuka hati, bahkan anak hanya mau membaca saat kegiatan belajar mengajar belangsung maka berbeda dengan dua siswi tersebut. Almira dan Qadira lebih suka memanfaatkan waktu luang berte...

Serba yang Kedua

(Dokpri: flyer ngaji literasi edisi 4) Hemat saya angka 2 menjadi angka istimewa dalam ngaji literasi edisi keempat yang akan datang ini. Tepatnya, 3 kali angka 2 yang istimewa. Kenapa harus angka 2? Bukankah masih banyak angka lain: 1, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan seterusnya? Nah, jadi bikin penasaran kan? Pertama, angka 2 yang menegaskan bahwa di momen ngaji literasi edisi ini adalah kali kedua saya menjadi moderator setelah sebelumnya saya beserta Bang Almahry Reprepans bertukar posisi. Tentu saja, dua kali menjadi moderator dalam rangka membedah buku solo kawan-kawan anggota SPK Tulungagung, bagi saya, adalah satu kehormatan dan kesempatan yang luar biasa. Saya dapat belajar bagaimana cara berbicara di depan kamera dan public speaking. Selain itu, pada ngaji literasi edisi keempat ini menandaskan dua kali sudah saya menjadi moderator dalam membedah buku solo perdana sahabat Ekka Zahra Puspita Dewi setelah sebelumnya dipertemukan dalam acara bedah yang diusung oleh komunitas Lentera. ...